Senin, 16 Agustus 2010

Prosedure OJT


I.         Dunia Usaha / Dunia Industri (Du/Di)
A.       Kriteria Dunia Usaha / Dunia Industri (Du/Di)
Dunia Usaha / Dunia Industri  merupakan mitra SMK sebagai tempat siswa-siswi SMK tersebut mendapatkan ilmu pengetahuan secara langsung di Dunia kerja sebagaimana keahlian yang telah dipelajari di lingkungan sekolah. Di Perusahan (Du/Di) itulah peserta Praktik Kerja Industri akan mengaplikasikan segala apa yang telah diperolehnya di bangku sekolah untuk dipraktikkan di dunia kerja, sehingga akan tampak siswa-siswi mana yang mampu untuk beradaptasi di dunia kerja dan siswa-siswi mana yang masih kurang dan perlu untuk mendapatkan bimbingan lebih lanjut.
Praktik Kerja Industri sebagai ajang siswa untuk belajar di lingkungan kerja yang sesungguhnya tidak dapat dilaksanakan di sembarang tempat, dengan kata lain Du/Di atau perusahaan tempat siswa melakukan Praktik Kerja Industri  haruslah perusahaan-perusahaan yang sebelumnya dipilih atau telah diseleksi oleh pembimbing Praktik Kerja Industri.
Kriteria-kriteria yang telah ditentukan untuk pembimbing mencari tempat Praktik Kerja Industri siswa-siswi Program Keahlian Multmedia adalah sebagai berikut :
1.    Perusahaan tersebut dapat menunjang siswa untuk pembuatan Tugas Akhir (TA) atau Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang merupakan salah satu syarat kelulusan dan harus ditempuh oleh seluruh siswa kelas XII nantinya. Perusahaan tersebut harus memiliki jangkauan kerja bidang Multimedia antara lain Percetakan atau Penerbitan, Video Shooting, Production House, Stasiun Televisi, Perusahaan yang melayani perakitan dan maintenance computer, Instalasi Jaringan, Design Grafis
2.    Perusahaan tersebut berskala besar atau yang sudah memiliki manajemen kerja yang sudah terstruktur.
3.    Sudah dikenal luas di masyarakat.
4.    Bukan perusahaan yang bersifat perorangan (dikelola keluarga / Home Industries).
5.    Memiliki NPWP dan surat-surat usaha lainnya.

B.       Prosedur Pencarian Dunia Usaha / Dunia Industri (Du/Di)
Untuk mendapatkan atau mencari perusahaan sebagai tempat Praktik Kerja Industri harus melalui prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh pengurus Praktik Kerja Industri antara lain:
1.    Pembimbing Praktik Kerja Industri mencari langsung Perusahaan-perusahaan yang akan dijadikan tempat Praktik Kerja Industri atau menerima usulan dari siswa peserta Praktik Kerja Industri.
2.    Pembimbing Praktik Kerja Industri melakukan survey tempat Praktik Kerja Industri sesuai dengan keriteria yang telah ditentukan dalam JUKNIS Praktik Kerja Industri
3.    Pembimbing Praktik Kerja Industri melakukan lobi terhadap pimpinan perusahaan untuk penempatan siswa-siswi peserta Praktik Kerja Industri yang berada di bawah bimbigannya.
4.    Pembimbing Praktik Kerja Industri meminta surat rekomendasi pada sekretaris Praktik Kerja Industri untuk siswa di bawah bimbingannya agar dapat melakukan Praktik Kerja Industri di perusahaan-perusahaan tersebut.
5.    Pembimbing Praktik Kerja Industri mengantarkan peserta di bawah bimbingannya untuk melakukan Praktik Kerja Industri pada hari pertama yang sekaligus sebagai serah terima peserta Praktik Kerja Industri.

C.       Tindak Lanjut Hubungan Smk Sholihiyyah Mranggen Dengan Du/Di
Setalah selesai melakukan Praktik Kerja Industri (Prakerin), diharapkan ada tindak lanjut hubungan antara perusahaan (Du/Di) tersebut dengan SMK Sholihiyyah Mranggen untuk diadakan kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.dengan MoU (Memorandum of Understanding) Kerja sama tersebut antara lain:
1.    Du/Di dapat dijadikan sebagai tempat PRAKERIN untuk tahun-tahun selanjutnya.
2.    Du/Di dapat dijadikan tempat magang bagi guru-guru produktif.
3.    Du/Di dapat dijadikan sebagai penguji eksternal Uji Kompetensi Keahlian (UKK)
4.    Du/Di dapat dijadikan mitra pemenuhan kebutuhan SMK.
5.    Du/Di dapat menampung setiap lulusan SMK.
Tindak lanjut hubungan antara SMK Sholihiyyah Mranggen dengan Du/Di pasca kegiatan PRAKERIN menjadi tanggung jawab sepenuhnya Waka. Humas SMK Sholihiyyah Mranggen.

II.      Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
A.  Tempat Dan Waktu Pelaksanan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) SMK Sholihiyyah Mranggen tahun pelajaran 2009/2010 dilaksanakan di perusahan-perusahaan (Du/Di) yang telah ditunjuk oleh masing-masing pembimbing PRAKERIN dan dilaksanakan pada  Tanggal 01 Mei s/d 15 Agustus 2010.

B.   Peserta
Terlampir

C.  Evaluasi Peserta
Evaluasi terhadap peserta PRAKERIN dilakukan baik di Dunia Kerja maupun di Lingkungan Sekolah. Di dunia kerja evaluasi tersebut dilakukan oleh pembimbing lapangan yang teah ditunjuk oleh pimpinan perusahaan, sedangkan di lingkungan sekolah evaluasi dilakukan oleh pembimbing intern yang telah ditunjuk oleh Ketua Panita PRAKERIN atau Ketua Program Keahlian. Evaluasi tersebut dilakukan selama siswa melakukan melakukan pembelajaran di Tempat kerja dan juga dilakukan setelah siswa tersebut menyelesaikan kegiatan PRAKERIN dan dibuktikan dengan nilai yang tertera pada Sertifikat PRAKERIN.

D.  Petunjuk Penilaian
No
Range Nilai
Kualitas
Indikator
1
90 – 100
Sangat Baik
Siswa menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan baik dan bermutu tinggi sesuai dengan standar produksi.
2
70 – 89
Baik
Siswa menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan lancar walaupun terdapat kesalahan kesalahan kecil dan bermutu tinggi dalam pekerjaan.
3
50 – 69
Cukup
Siswa menyelesaikan semua tugas yang mencukupi persyaratan minimal yang diharapkan dari setiap tenaga kerja atau sesuai dengan standar rata-rata tenaga kerja yang ada.
4
0 – 49
Kurang
Siswa tidak mampu menyelesaikan atau memenuhi persyaratan minimal yang diharapkan tenaga kerja.

E.   Time Schedule Praktik Kerja Industri (Prakerin)
Terlampir

F.    Format Pembuatan laporan Pembimbing dan Siswa
Terlampir

III.        Penutup
Demikian JUKNIS ini dibuat untuk dijadikan panduan atau rujukan bagi setiap pengurus dalam melakukan kegitan-kegiatan PRAKERIN. Semoga PRAKERIN ini dapat terlakana dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar